www.tokopedia.com/ratuantigalau

11/01/16

Customer rambut sotoy? Tenang saja! #NoBaper

Mengakali customer atau client yang sotoy?

Sebagai consultant dan hair colorist pasti kita akan ketemu macam-macam orang di luar sana.

Saya pribadi paling senang menghadapi orang yang "Tidak tahu sama sekali" karena mereka siap untuk belajar dan tahu lebih banyak. Biasanya memang kepalanya sudah dikosongkan dahulu, (atau memang kosong karena awam mengenai cat rambut) jadi siap untuk diisi.
Seperti gelas kosong aja. Tinggal diisi, nggak tumpah.

Nah yang agak cilaka adalah orang yang datang ke saya dengan berbekal gelas 1/2 terisi atau malah sudah penuh.
Biasanya lebih bersikap "Saya sudah tahu kok" dan "Kamu kayanya maksa saya beli deh"

Ini nih yang perlu dikoreksi.

Pertama, saya tidak pernah memaksa orang belanja. Setiap hari ada belasan orang yang chat dan sekedar ngobrol atau tanya-tanya, tanpa terjadi transaksi pembelian. Saya senang sekali berbagi ilmu dan bercanda dengan teman-teman pecinta warna rambut indah. Bahkan dari seluruh indonesia. Belakangan dari Sulawesi, Kupang NTT pun ngobrol-ngobrol. Kebanyakan dari Bandung, Jogja dan Denpasar.
Jadi jangan kuatir. Saya nggak pernah memaksakan siapapun untuk belanja dengan saya. Prinsip saya adalah jadi one stop solution untuk cat rambut dan mewarnai rambut.
Anda bisa tanya-tanya, konsultasi, minta saran, beli produk hingga saya sendiri yang turun tangan mengerjakan rambut anda.

Kedua, saya tidak pernah takut kehilangan orderan atau client. Berbekal rasa cinta saya pada rambut, saya yakin orang akan memilih saya karena merasa nyaman dan mendapatkan ilmu dari saya. Saya nggak segan bagi-bagi ilmu gratis kok. Jadi buat saya, anda mau belanja dengan saya atau dengan yang lain, itu adalah pilihan dan hak masing-masing. Jangan kuatir. Tidak perlu mengancam dengan cancel orderan, banyak sekali orderan di luar sana menanti. Saya optimis :)))

Ketiga, jangan bertanya dengan saya dan jadi lebih sotoy dari saya. Kan anda yang mengajak saya bicara. Kalo anda yang lebih pintar ngapain juga nanya sama saya.
Beberapa waktu lalu ada yang kelakuannya udah sotoy duluan alias sok tahu.
Kebanyakan yang agak sotoy (menurut survey pribadi) yang mau silver/grey hair dan udah banyak baca-baca di internet lalu membuat kesimpulan sendiri.

Teman, saya ini bekas salah satu dari anda. Bedanya saya praktek dan belajar sampai bisa, menggunakan semua produk yang ada di indonesia. Gagal berkali-kali saya belajar lagi dan terus menciptakan cara baru. Jadi kalau anda argumen dengan saya cuman berdasarkan "baca-baca" aja, sepertinya kita agak sulit mencapai kesepakatan karena anda belum pernah praktek.

Resikonya kalau ngotot? Nih yang sudah saya alami sendiri:
- Keluar uang lebih banyak ~ biasanya karena keras kepala, mengira saya mau ambil keuntungan, lalu menolak beli barang yang saya sarankan. Akhirnya pake produk lain dan gagal, nongol di saya lagi beli. Akhirnya jadi habis uang lebih banyak.
- Kalo cuma uang sih gak papa ya, kalau rambutnya gimana? ~ ini biasanya akibat over processed. Yang biasanya kalau pakai Wella Blondor cuma perlu 2-3x bleaching, karena ngotot pake Miranda (misal) akhirnya jadi berkali-kali bleaching sampai rambutnya rusak. Produk yang berkualitas pasti harganya lebih mahal, jadi aku sarankan lebih baik nabung dan bersabar ketika mengecat rambut. Ketimbang pakai produk yang asal-asalan malah resikonya rambut anda rusak. Numbuhin rambut panjang kan tahunan ya.
- Gengsi untuk mengakui kesalahan, akhirnya cuman bisa membuat reputasi saya buruk ~ kalo yang ini namanya haters, biasanya membantu saya jadi tambah beken. Saya nggak keberatan hehe.

Nah teman-teman, apabila anda ingin chat sama saya, coba dikosongkan duluuu semua yang anda sudah baca. Terima ilmunya dan baru dicek dan ricek sendiri. Jangan keburu sotoy duluan ya, saya bisa jutek juga kadang-kadang klo ngeliat gelagatnya. Padahal di www.tokopedia.com/ratuantigalau aja ada lho yang review saya ramah dan recommended banget.
Jadi mbok jangan tega-tega kalo chat saya ya :) kita saling menghargai.

Selain itu, mari kita songsong 2016 dengan rambut indahhhhhh dengan Hair Elixir Vanilla Dream yaaa!!! Hidup Hair Elixir Vanilla Dream !!!

Ely #RambutRainbow
Whatsapp baru di 087770838168

Tidak ada komentar:

Posting Komentar