www.tokopedia.com/ratuantigalau

08/11/15

Fakta dan Mitos Hair Bleaching



Di tulisan saya kali ini saya akan membahas mengenai lightener atau hair bleach.
Proses ini sebenarnya sama saja, namun karena istilah “bleach” sudah menjadi momok bagi masyarakat, maka kebanyakan orang ketika ditawarkan bleach akan menolak.

Ketakutan seperti:

  • ·     Rambut rusak
  • ·      Rambut kering
  • ·      Rambut patah
  • ·      Rambut kusut

Disusul dengan pertanyaan seperti, “Nggak usah di bleach ya?”

Ketakutan pada hair bleaching sebenarnya tidak beralasan dan menurut saya pribadi disebabkan oleh penyedia layanan (baca:salon) yang tidak kompeten.

Pengetahuan salon yang terbatas dan seadanya, seringkali menyesatkan customernya. Saya pribadi sih tahu kalau salon memang tujuannya mencari keuntungan. Sebagai marketing sayapun berpendapat sama, namun saya sendiri berprinsip bukan hanya mencari keuntungan namun menjalin hubungan dengan customer sehingga customer akan loyal.

Apabila customer merasa nyaman dan worth it, pastinya akan terus kembali kepada kita. Ini adalah prinsip yang saya pegang.


Kecewa Dengan Layanan Salon

Saya sendiri berangkat dari ‘customer yang kecewa’  dan kemudian merasa tidak percaya lagi untuk pergi ke salon. Akhirnya saya menghabiskan berjam-jam setiap harinya untuk belajar cara yang benar dalam mengecat rambut dan fakta seputar hair bleaching. Bisa dibilang saya belajar lama sekali, sehari 4-5 jam, selama 3 bulan penuh dan tanpa ragu saya akan menyebut diri saya ‘hair expert’.

“Lah kok  bisa? Kamu kan bukan lulusan sekolah rambut!”

Saya memang tidak belajar formal di sekolah rambut, namun menurut saya pribadi dedikasi saya dan hasrat belajar yang luar biasa membuat saya berkembang pesat. Ini dibuktikan dari percakapan saya dengan hairstylist sebuah salon terkenal J***y An***n.

Saya jarang sekali ke salon karena agak malas ketika ke kasir begitu banyak charge tambahan. Misal, di papan price list ditulis hair coloring 300ribu. Eeeh begitu sampe dikasir jadi 600ribu, ternyata ada tambahan banyak sekali yang tidak ditulis di price list.

Tambahan seperti cuci blow, itupun blow biasa saja ternyata, kalau dicatok atau dicurly beda lagi chargenya. Pakai hair tonik bayar lagi. Pakai vitamin bayar lagi. Aduuuhh pusiaaaaang beta!!!

Nah kembali ke percakapan saya dengan hair stylist tersebut. Setelah setahun tidak pergi ke salon, saya memutuskan harus kesana karena saya harus gunting rambut. Rambut yang jadi korban saya belajar mewarnai rambut ini harus digunting yang rapi. Meskipun saya sebut rambut saya korban namun tampilannya masih cantik lho, mengingat begitu banyak proses hair bleaching yang saya lakukan pada rambut saya, thanks to my Hair Elixir Vanilla Dream. Bagi yang mau bisa langsung meluncur belanja ya. Jangan tunggu rambutnya rusak, itu sih namanya terlambat.

-----langsung belanja di sini-----

Yang saya rasa adalah setelah berkali-kali bleaching, rambut saya yang ikal menjadi lurus mungkin karena tipis batangnya jadi kehilangan kekuatan untuk keritingnya. Selain itu kalau keramas, lamaaaa sekali keringnya. Seakan-akan rambutnya menyerap air. Mungkin inilah istilah rambutnya haus, perlu dirawat dan dihidrasi dan ini lah yang disebut hair porosity. Baca mengenai Hair Porosity di sini.

Sisi dalamnya blonde, luarnya mint. berkali-kali bleaching masih kuat dan bagus berkat Hair Elixir

Malam sebelumnya memang saya gunting sendiri ponytailnya dan saya simpan rambutnya untuk strand test. Dengan peralatan seadanya, gunting kertas rupanya sulit sekali membuat rambut yang decent. Maka akhirnya diantarkan suami, saya memutuskan untuk memiliki model rambut shaved head (yang dalemnya di botak itu) supaya tampil edgy.
Di salon nunggu selesai di potong

Saya datang dengan rambut warna mint, hair stylistnya sangat terkejut. Lalu mulai menanyai saya soal hair coloring.

Pertanyaan seperti,
“Kok waktu saya cat rambut klien kenapa habis di bleach malah rambutnya jadi pink?”
“Kenapa kok warna yang dimau nggak bisa dicapai ya?”
“Gimana caranya naikin warna rambut sampai kaya Ely tapi tidak bikin patah?”

Lalu hair stylist tersebut datang tergopoh-gopoh bersama kasir (sepertinya mereka bersahabat) dengan membawa kertas dan pulpen, mencatat setiap arahanku.

hasil shaved head, terlihat mendekati akar rambut saya sudah luntur (balik ke blonde) dan akar mulai hitam lagi
Dalam hati saya jadi bingung. Perasaan saya kan mereka yang kerja di salon, kok ya nanya ama saya yang belajar sendiri di rumah dari youtube dan google???
Banyak istilah yang mereka nggak ngerti seperti lightener, igora, blondor, balayage. Waduhhhh dalam hati saya, ini sih mendingan saya sendiri yang cari klien. Kebanyakan salon juga tidak bertanggung jawab apabila warna rambut klien tidak sesuai dengan color chart/swatch (buku berisi warna warna cat rambut yang isinya rambut semua ituuu lho).

color swatch

Hair Bleaching vs Hair Lightener

Bleaching adalah proses memudakan warna pigmen asli rambut kita. Biasanya yang memerlukan bleaching paling utama adalah orang Asia atau latin/bule yang brunette. Dalam bahasa saya, batang rambut dikelupas hingga hilang pigmennya. Nah ketika mengelupas ini tentu saja batang rambut menjadi semakin mengecil. Semakin mengecilnya batang rambut bisa membuat rambut menjadi lebih kering, kusam, dan pada perlakuan yang tidak senonoh menjadi rusak dan patah-patah.

Namun tidak setiap kali menggunakan hair bleaching maka rambut kita akan patah. Client saya banyak juga yang virgin hair lalu saya bleaching dan rambutnya baik-baik saja cuma agak kering. 

Apakah setelah hair bleaching rambut menjadi kering?
- Tentu saja. Setiap proses rambut baik bleaching maupun hanya cat biasa, semuanya akan membuat rambut lebih kering. Oleh karena itu harus diimbangi dengan perawatan. JANGAN MENGECAT RAMBUT ANDA APABILA ANDA TIDAK SIAP MERAWATNYA. Semua kecantikan ada konsekuensinya.

Big No-Nonya adalah jangan melakukan hair bleaching lebih dari 2x dalam satu hari. Dalam bahasa saya, BERSABAR adalah kunci dalam mewarnai rambut. Saya sendiri pernah melakukan hair bleaching berkali-kali dalam waktu singkat (hari yang sama atau setiap hari) namun rambut saya hanya jadi kusut saja, tidak patah-patah, rahasianya adalah #RambutRainbow Hair Elixir. Jadi tanpa Hair Elixir mungkin rambut saya akan patah dalam satu kali tarikan saja, jadi untung saja saya menemukan Hair Elixir ini.


Hair Elixir adalah special oil yang #RambutRainbow produksi sendiri dan saya klaim dapat mengurangi kerusakan rambut hingga 80%. Contohnya rambut saya sendiri dan klien-klien saya, kerusakannya minimal. Saya sendiri menyebutnya magic oil karena ajaib sekali Kalau anda berminat, bisa langsung belanja di sini untuk membeli Hair Elixir.
Penampakan Hair Elixir yang fenomenal itu
Hair Elixir bukan HAIR TONIK. Hair Elixir bentuknya adalah treatment oil yang mengandung coconut oil dan vanilla extract, tidak berwarna dan baunya sangat soft bisa dijadikan perawatan juga untuk sebelum diwarnai maupun setelah diwarnai.

Pakailah Hair Elixir 20 menit sampai 24 jam sebelum mewarnai atau bleaching. Semakin lama berada di rambut semakin baik. JANGAN KERAMAS rambut anda ketika akan mewarnai atau bleaching. Semakin lama anda keramas sebelum mewarnai semakin baik.

Hair bleaching dan hair lightener menurut saya pribadi adalah istilah yang berbeda untuk SATU PROSES yang sama. Jadi saya belum menemukan perbedaan signifikan antara keduanya selain bahwa hair lightener terdengar lebih elegan, dan masyarakat kelihatan traumatic dengan istilah BLEACH. Beberapa stylist ternama Amerika menyebutkan Hair Lightener ketika menyebutkan hair bleaching premium (lebih mahal dan kualitas lebih baik) seperti Schwarzkopf BlondMe, Wella Blondor. Kebetulan BlondMe tidak masuk di Indonesia. Sehingga saya menggunakan Wella Blondor di rambut klien saya. Saat ini saya menemukan lagi produk bleaching yang saya suka dan hasilnya maksimal, bisa menaikkan warna rambut hingga 9 level maksimal lho! Namanya Alfaparf Supermeches Highlift. Terakhir saya mengerjakan warna rambut berikut hanya dengan 2x bleaching.
Kiri hanya dalam 2x bleaching masuk ke level 10
Warna rambut di atas saya peroleh dengan 2x bleaching saja menggunakan total 180 gram Alfaparf Supermeches Highlift. Ketika bleaching agar hasilnya merata dan kita tidak harus mengulang berkali-kali, pastikan mengaplikasikannya tidak pelit-pelit. Jadi ingat untuk menabung terlebih dahulu sebelum mewarnai rambut ya!
Alfaparf Supermeches yang saja jual dalam kemasan 30 gram sudah termasuk developernya
-----langsung belanja di sini-----

Apakah Perlu Bleaching sebelum hair coloring?
Jawaban saya: PERLU!

Setiap warna rambut baru bisa mendapatkan result seperti color swatch ketika rambut sudah melalui proses hair bleaching.
Berikut adalah level hair bleaching mulai 1-10.

hair bleach level

Semakin muda warna rambut, semakin mudah warna muncul sesuai dengan warna contoh di color swatch. Seperti kanvas untuk melukis. Lebih mudah mewarnai kanvas yang putih ketimbang kanvas yang kuning atau coklat. Seperti di gambar di bawah ini, saya sudah berhasil menyentuh bleach level 10. Kenapa tetap ada unsur kekuningan ya? Memang hair bleaching tidak akan menghilangkan unsur kuningnya. Anda bisa memesan Silver Shampoo dan Silver Conditioner untuk menghilangkan unsur kekuningannya.


Berikut adalah rambut saya di level 10 lightest blonde

Sehingga saya akan selalu mempertimbangkan warna BEFORE dari klien, dan warna AFTER yang diinginkan dan saya akan memperkirakan proses bleaching apa yang akan dilalui. Apabila warna beforenya sudah cukup terang dan warna FINAL RESULTnya tidak beda jauh dengan warna before maka mungkin saya tidak menggunakan hair bleaching. Misalnya ash blonde level 7 ke ash blonde level 8. Menggelapkan akarpun tidak memerlukan bleaching karena untuk warna lebih gelap tidak memerlukan bleaching. Ingatlah bahwa bleaching fungsinya memudakan / mengangkat (lifting) warna rambut.

===================================================================
Mau belanja produk berkualitas dari #RambutRainbow langsung melalui e-commerce berikut:
 photo 03881524-38ef-4f68-bde2-be4f02b482a2_zpsoc0gmxjc.jpg photo e970f4b5-c9fe-431b-bcf4-f6d13b18774b_zps0t6t4tvk.jpg photo 42eb2866-9a0e-4ed0-9175-ef17b5d0384d_zpsboohrlju.jpg 

Atau hubungi kami di Wahtsapp 087770838168 - line elyeambutrainbow - pin 5D3BEA10
atau klik tombol "add friend" untuk menambahkan kami di Line kamu


Kunjungi juga instagram kami untuk update testimonial dan promo-promo menarik kami, klik pada gambar



===================================================================

Mau tau cara bleaching yang tidak merusak rambut? klik di sini
Apa sih hair elixir itu? klik di sini untuk informasi lebih lanjut
Mau tau caranya mewarnai rambut dengan aman? klik di sini
Klik di sini untuk melihat video tutorial bleaching.
Klik di sini untuk tutorial video mewarnai rambut.
Amankah mewarnai rambut anak? Klik di sini untuk melihat videonya.

===================================================================

23 komentar:

  1. sist aku mau tanya. aku udah beli pravana ultra light ash blonde. kira2 untuk hasil ash blonde yang platinum harus di bleaching sampe level berapa? aku pake bleach miranda kira2 cukup gak sist? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pravana mahal sis, baru aja kemarin aku ngobrol sama orang yang beli pravana juga klo ga sala harganya 300rban ya. Igora sama aja warnanya harganya cuma 110rb. (ini info aja :) miranda bleachingnya jelek banget sis, bisa berulang kali kamu bleaching dan gak rata. kamu perlu wella blondor paling nggak 1x bleaching, klo mau lebi terang 2x bleaching dan wajib pakai Hair Elixir Vanilla Dream supaya nggak rusak rambutnya di bleaching dan cat. aku ada jual, bisa cek di www.tokopedia.com/ratuantigalau bisa satuan atau paket juga dengan Hair Elixir Vanilla Dream atau chat aja langsung ke Whatsapp 087770838168 - line elydreamteam - pin:7459a99b

      Hapus
  2. haloo kakak. aku mau tanyaa merk sasha untuk bleaching ok gak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaff banget baru lihat yang disini, kurang bagus ya sasha

      Hapus
  3. Halo kak mau tanyak nih kalo bleacing rambut sudah selesai trus di keramas kan biasanya langsung dikasih hair colouring. Kalo besoknya aja dikasik hair colouring tapi sekarang bleachingnya gak kenapa kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja kok :) biasa klo mau aman kasi jarak minimal 3 hari ya

      Hapus
  4. Hai kak aku mau tanya, pewarna rambut yang permanen itu mereknya apa ya. saya juga seperti kakak yang kecewa dengan hasil salon. saya jadi mewarnai rambut sendiri. tapi setiap keramas luntur dan setiap keramas warna berubah dan semakin memudar kembali ke basic (bleaching). thank youuuu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo warna apa ya kok bisa luntur terus?? igora royal termasuk permanent color. cuman beberapa warna special memang luntur. misalnya silver grey itu harus terus dimaintain pakai silver shampoo.

      Hapus
  5. Hallo kak. Aku mau tanyaa. Kalo sebelum mau cat itu kan harus bleach biar warna rambutnya sesuai kayak yg di kotaknya. Aku kan udah bleach 2 kali sebelum mau cat. Aku pake miranda,pas aku bleach tp hasilnya ga sampe level 10. Ada paling cuma sampe lv 8.habis itu aku cat, tpi warnanya agak kurang ngejreng dikit. Menurut kaka, harus aku bleach lagi atau ckup di cat lagi aja? Jawab ya kak. Thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo maaf baru balas ya. tergantung warna yang kamu mau ya. menurut aku pribadi miranda bleachingnya sangat gak bagus. pertama dusty banget alias berhamburan dan berantakan, lalu kadar dan takaran developernya nggak sesuai dengan seharusnya. jadinya bleachnya nggak bisa larut dengan baik dan hasilnya gak rata. #RambutRainbow sekarang jual Alfaparf Supermeches Highlift yang bisa maksimum 9 level lho :) coba cek tokopedia kami di www.tokopedia.com/ratuantigalau

      Hapus
  6. Mba aku nanya, merek bleaching yg bagus ap y? Mba jual? Aku mau beli hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ada di www.tokopedia.com/ratuantigalau aku jual bleaching alfaparf :) kontek aja ke Whatsapp 087770838168 - line elydreamteam - pin:7459a99b

      Hapus
  7. Mbak mau nanya kalo mau dapet warna golden light itu ada campuran warnanya ga sih? Trus kalo rambut di bleach aja tanpa di cat gimana? Aku mau coloring jadi golden light tapi bingung takut hasilnya malah oranye

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo rambut dibleach jadinya mentah mba. di atas ada levelnya, klo bleachingnya jelek jadinya orange mba karena gak maksimal dia. golden light maksudnya blonde? pakai bleaching dan cat mba :)

      Hapus
  8. halo kak,, mohon tips nya,, rambut ku warna item asli, mau jadi blonde white,,
    kira kira harus bleaching sama colouring berapa kali? sama colouring level berapa? merek bleaching sama colouringyang bagus apa ya? soalnya 4 tahunan yg lalu pernah pake sasha jadi kapok,, makasih~

    BalasHapus
  9. Ka, aku rambutnya pernah di cat dark brown & toning hitam, tapi ada 1th yg lalu. Pas di bleach 3x cuma sampai lv 6/7, karena udah putus2 bawahnya. Klo aku bleach 1x lagi bakalan rusak ga?

    BalasHapus
  10. Kak, kalo mau coba biking ash brown hair gitu gimana ya? Hehehe.. Aku mau coba bleaching pake miranda, tp bingung harus di campur warna apa setelah bleachingnya supaya menjadi warna sedikit Abu2. Dan di diamkannya berapa lama ya kak?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  11. kalo mau bikin rambut jadi silver gmn caranya ? untuk cowok

    BalasHapus
  12. kak aku kan ombre merah gitu di bleaching, warna alami rambut aku kan dark brown tapi dark brownnya gak cuma keliatan pas kena matahari, kalau ga kena jg keliatan. tp kenapa pas udah ombre, rambut aku yg kena cat & gakena bleaching malah jadi item gak dark brown lagi ya? huhu sedih ga balik lagi kenapa ya kak kira2?

    BalasHapus
  13. Wah untung belum kebeli bleach mirandanya berkat baca disini. Siang kak mau tanya aku mau warnain gray sama hijau mint sama pink, pewarna sama bleachnya yang bagus apa ya? Tapi harganya standar aja gitu. Terus rambut ku juga setulang rusuk itu kira2 butuh berapa box? Sama satu lagi perawatan sebelum sama sesudah di warnainnya kak. Terimakasih banyakkkkk😄😄😄

    BalasHapus
  14. Ka boleh tanya warna bleaching bisa ilang ga ya ka?

    BalasHapus
  15. Ka boleh tanya warna bleaching bisa ilang ga ya ka?

    BalasHapus
  16. Ka boleh tanya warna bleaching bisa ilang ga ya ka?

    BalasHapus