www.tokopedia.com/ratuantigalau

21/09/15

Repost: MANIPULATOR MEDIA dan PEMBUNUH KARAKTER oleh Irwan Julianto, Wartawan Senior Kompas

MANIPULATOR MEDIA dan PEMBUNUH KARAKTER
oleh Irwan Julianto
Wartawan Senior Kompas

Kemarin saya berkesempatan bertemu dan bekenalan dengan Elysabeth Ongkojoyo di acara Netizen Gathering yang diadakan Smoke Free Agents di Jakarta. Saya menguraikan tentang manipulator media (sosial) dan pembunuh karakter lewat Twitter, Forum Blog (seperti Kompasiana dan Kaskus) FaceBook dll.
Manipulasi media dan pembunuhan karakter. Itulah yang dialami Elysabeth Ongkojoyo. Ibu dua orang anak ini, salah satunya Liva Luna yang sekarang berusia 2,5 bulan. Namanya sebulan terakhir menjadi terkenal di media sosial dan media online karena ia berani membuat petisi online tentang apa yang dialaminya di JCo Pluit Village: ia dimaki2 dan diusir oleh seorang perokok yang asyik ngudud di ruang indoor berAC, padahal ia sedang membawa bayinya di gerai donut waralaba milik Johny Andrean itu.
Ironisnya Pluit Village adalah mall yang dikelola Lippo Group yang amat puritan soal pengendalian rokok. Tidak ada permintaan maaf dari JCo maupun manajemen Pluit Village kepada Elysabeth Ongkojoyo. Tapi petisi onlinenya didukung 48.000 netizen. Gubernur Basuki TP pun memerintahkan aparatnya bertindak menyidak puluhan mall di Jakarta. Sebagian restoran mulai menghapus ruang khusus merokok, sebagian masih ndableg, seperti di Cilandak Town Square dan Street Gallery di PIM.
Nah, Elysabeth Ongkojoyo justru difitnah, salah satunya oleh @rsryomantap (nama samaran) yg ngetroll di Twitter dan ngocol di Kaskus bahwa justru Elysabeth lah yang merokok! Anda tentu tahu kan Kaskus sekarang dibeli oleh perusahan rokok apa.
Akun Twitter @rsryomantap pasti baru dibikin oleh orang bayaran industri rokok kretek nasional atau Grup Pembela Hak2 Perokok. Followersnya baru 26 biji. Tapi dia ngirim tweet ke ratusan akun lain. Dan celakanya sebagian orang oercaya pada kibulanmya. Spin doctor yang keji.
Jadi ingat buku "Trust Me I'm Lying - Confessions of a Media Manipulator" karya Ryan Holiday. Pembuat akun yang pakai pseudonim @rsryomantap lupa, bahwa Netizen tidak sebodoh yang ia kira. Gampang dimanipulasi. Kalo ngibul, mbok ya MIKIR... kata Cak Lontong smile emoticon

CC: Kartolo Tubagus Haryo Karbyanto Geni Achnas Maria Rika Suwardi Azas Tigor Nainggolan Kartono Mohamad Rohani Budi Prihatin Mardiyah Chamim Dhenok Pratiwi Fuad Baradja Tulus Abadi Adriani Zulivan Elanto Wijoyono Lukas Ispandriarno



sumber facebook Pak Irwan:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=581143785374568&set=pcb.581143855374561&type=1&theater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar