www.tokopedia.com/ratuantigalau

16/11/15

Myth buster: Protein Treatment untuk rambut bleaching/diwarnai/rusak dengan TELUR

Setelah sekian lama saya denger-denger orang mengenai treatment dengan telur akhirnya saya coba juga. Kenapa saya coba masker dengan telur?

Jadi setelah saya pelajari lebih jauh mengenai rambut yang di bleaching dan dicat, permasalahannya adalah rambut terkelupas lapisannya dan kehilangan kekuatannya. Semua jenis bleaching baik mahal maupun murah seperti Bleaching Sasha, Miranda, Wella Blondor, Olaris, dll juga cat rambut permanent seperti Sasha, Miranda, Wella, Igora, Majirel (yang harus dicampurkan dengan oxydant/peroxide/developer) sifatnya mengurangi protein di rambut sehingga memerlukan perawatan yaaa. Perawatan untuk rambut ini haruslah mengandung protein.

Treatment rambut memiliki dua tipe, protein treatment dan conditioning treatment.
  • Protein treatment TIDAK akan membuat rambut anda terasa halus dan lembut, karena fungsinya adalah memperbaiki struktur batang rambut dari dalam dan memperkuat sehingga rambut tidak rapuh, bercabang dan patah-patah. Tentunya hasilnya lebih bersifat jangka panjang. Contoh protein treatment di pasaran misalnya Eleo Hair Mask Oriflame, L'Oreal Protelene, Rambut Rainbow Hair Elixir, dll.
  • Conditioning treatment ini yang paling umum. Sifatnya hanya membuat rambut TERASA lembut dan sifatnya sementara, conditioning treatment tidak memperbaiki rambut dari strukturnya. Sehingga setelah dikeramas lagi maka rambut akan kembali seperti semula, tetap rusak, tetap rapuh, tetap bisa bercabang. Contoh produknya adalah segala jenis conditioner di supermarket.


Ini menjawab kesalahpahaman saya ketika menerangkan mengenai shampo produksi Oriflame jenis HairX Strength Fortifier yang awalnya saya kira untuk rambut rontok dan saya suruh suami saya pakai karena dia ada turunan kebotakan di keluarganya. memang sih di depannya sudah ditulis untuk "brittle hair" namun ketika dulu saya nggak paham artinya hehehe. Di katalog Oriflame Oktober dijelaskan bahwa HairX Strength Fortifier diperuntukkan bagi rambut bercabang, baru saya ngeh dan mencari "brittle" di kamus dan menemukan bahwa brittle adalah "rapuh". Akhirnya saya bilang pda suami saya, "Ini mah seharusnya saya yang pakai, bukan kamu hehe" dan suami saya alihkan ke produk terbaru Oriflame yaitu HairX Advanced Neoforce khusus untuk rambut rontok.

Nah dari informasi di atas saya tahu bahwa rambut yang diwarnai kehilangan proteinnya dalam proses oksidasi menghilangkan pigmen (bleaching) maupun diwarnai dengan cat rambut permanent (karena dicampur dengan oxydant) sehingga memerlukan tambahan protein.

Guy Tang dalam posting videonya yang lucu di instagram mengatakan bahwa cara menghilangkan rambut bercabang adalah dengan mengguntingnya secara teratur. Memang sih menurut saya juga, kalau rambut sudah terbelah, kayaknya memang nggak mungkin "ditempelin" lagi yang sudah misah, pastinya gunting dan dirawat yang belum "misah" alias bercabang.
A video posted by Guy Tang (@guy_tang) on



Lalu saya melakukan riset lagi mengenai perawatan rambut yang mengandung protein lalu saya coba yang paling mudah dan paling murah: TELUR.

Metode Telur
Bahan: 1 butir telur ayam mentah
Cara: 
  • Kocok telur seperti mau bikin dadar, tapi jangan dikasih bumbu :D
  • Usapkan ke seluruh rambut
  • Biarkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air dingin. JANGAN DENGAN AIR HANGAT. TELURNYA BISA MATANG DI KEPALA DAN SULIT SEKALI DIPISAHKAN DARI RAMBUT.

Plusnya: Mungkin rambut akan terasa lebih kuat. Tapi bukan lebih lembut ya. Kalau mau lembut gunakan conditioner.

Minusnya: Bau amis telur susah sekali hilang T__T dan selama beberapa kali keramas masih tercium amis telur sampai saya mual.

HASIL: Efektif? Mungkin saja apabila dilakukan secara teratur, tapi itupun kalau anda tahan dengan kepala berbau telur mentah. Saya masih lebih memilih menggunakan Hair Elixir dengan aroma vanillanya.

Ini adalah pertama dan terakhir kalinya saya melakukan protein treatment dengan TELUR asli.
Anda mau mencoba?


Baca juga:
Fakta dan Mitos Hair Bleaching
Apa Itu Hair Elixir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar